01 November 2008

Hari ini Libamanas II berakhir

Tim basket putri Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) harus mengakui ABFI Perbanas Jakarta, 45-111 (27-52), dalam lanjutan kompetisi A Mild Liga Bolabasket Mahasiswa Nasional (Libamanas) II-2008 di GOR STIE YKPN Seturan, Depok, Sleman, Jumat (31/10). Itu berarti, putri UNY dari dua kali main pada seri II ini belum pernah menang, karena dalam pertandingan pembukaan dikalahkan putri Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY). Akibatnya, dari peringkat klasemen sementara, putri UNY menempati urutan buncit.

Sebaliknya putri ABFI Perbanas Jakarta mampu mencatat dua kali menang dan sekali kalah di Yogya, sehingga meraih total poin lima. Kekalahan putri ABFI Perbanas diderita saat lawan putri Universitas Surabaya (Ubaya) 44-55. Pelatih putri UAJY, Linggaryati mengatakan, timnya akan berusaha keras merebut kemenangan dari STIE Indonesia Jakarta dalam laga hari terakhir sore ini. “Putri UAJY yang sehari sebelumnya ditundukkan UNS Solo, lawan STIE Indonesia Jakarta, bertekad meraih kemenangan, meski dalam pertemuan sebelumnya kita kalah dari mereka,” ujarnya.

Nasib sial dialami oleh tim putra dan putri Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Tim putra Unpad harus mengakui keunggulan STIE Swadaya. Nasib serupa juga dialami oleh tim putri Unpad yang menelan kekalahan ditangan Universitas Negeri Surakarta. Putra Unpad yang bermain pada pertandingan pertama hari ini sempat menunjukan permainan gemilang di menit-menit awal. Dengan memanfaatkan kurang siapnya STIE Swadaya. Unpad langsung memainkan pola serangan cepat. Hingga akhir kuarter pertama, Unpad sempat unggul 13-9. Kuarter kedua, Swadaya mulai bangkit. Perlahan-lahan tim besutan Abdul Fatah Setiawan itu akhirnya mampu mematahkan keperkasaan Unpad. Semakin berkembangnya penampilan Swadaya membuat mereka berbalik unggul 24-23 di akhir kuarter kedua.

Kuarter ketiga permainan semakin seru. Tempo permainan yang tinggi membuat kedua tim harus lebih berkonsentrasi dalam membangun serangan maupun bertahan. Beberapa kali serangan cepat Swadaya mampu dibalas dengan tembakan dua angka dari Unpad. Hingga akhir perempat ketiga, Unpad kembali berbalik unggul 40-37.

Pada kuarter keempat kedua tim terlihat semakin berhati-hati dalam membangun serangan. Unpad lebih fokus kepada defense guna mempertahankan keunggulan. Strategi ini ternyata masih mampu dipatahkan oleh Swadaya. Semakin merosotnya kondisi fisik Unpad membuat Swadaya mampu mencetak poin dari serangan balik yang cepat. Hingga akhir pertandingan, Unpad tidak mampu mempertahankan keunggulan dan harus menyerah dengan skor tipis 51-55.

Kekalahan tim putra Unpad diikuti juga oleh tumbangnya tim putri Unpad atas Universitas Negeri Solo (UNS). Dalam pertandingan seru yang berlangsung selama tiga kuarter itu, Unpad terpaksa harus menyerah pada kuarter terakhir. Sejak menit pertama, pertandingan berlangsung seru. Kedua tim saling bergantian mencetak poin. Di penghujung kuarter pertama, UNS hanya unggul tipis 22-21.

Kuarter kedua, Unpad mencoba bangkit untuk mengejar ketertinggalan. Usaha Unpad berbuah manis dimana mereka berbalik unggul 33-29 di akhir kuarter kedua.

Dengan motivasi tinggi UNS berbalik menggempur pertahanan Unpad untuk mencetak poin. Sayang, permainan konsisten Unpad membuat mereka terus unggul tipis di kuartet ketiga 45-43. Memasuki kuarter terakhir, UNS langsung tampil menekan untuk mengejar ketertinggalan. Berawal dari tembakan tiga angka Dyah Puspitasari diawal kuarter keempat membuat permainan UNS semakin berkembang.

Keadaan sebaliknya justru terjadi di kubu Unpad. Akibat stamina yang terus menurun membuat pertahanan mereka akhirnya dengan mudah ditembus UNS. Sepanjang kuarter terakhir itu, UNS mampu mencetak 17 poin sedangkan Unpad hanya mampu menambah tiga poin. Hingga akhir pertandingan UNS akhir memastikan kemenangan dengan skor 60-48.

“Kami tentu bangga dengan kemenangan ini. Mudah-mudahan pada seri ketiga nanti kami bisa merebut semua kemenangan agar dapat lolos ke empat besar,” kata Yulius Dobby, asisten pelatih UNS.

***
Jadwal Pertandingan, Sabtu (1/11):
Putra: STIE Swadaya vs Universitas Gadjah Mada
Putri: STIE Indonesia Jakarta vs Universitas Atmajaya Yogyakarta
Putri: Universitas Negeri Yogyakarta vs Universitas Padjajaran
Putra: Universitas Atmajaya Yogyakarta vs STIE Bhakti Pembangunan

(dari www.amild.com dan www.kr.co.id)