15 November 2009

Putri Ubaya Pastikan ke Final Four

Tim putri Universitas Surabaya (Ubaya) memastikan satu tempat di putaran empat besar (Final Four) setelah Kamis (12/11) mengalahkan tim sekota, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, 76-22 (34-10), pada hari kedua Liga Basket Mahasiswa Nasional (Libamanas) di GOR UNY, Yogyakarta.

Dari delapan kali penampilan, tim asuhan Wellyanto Pribadi itu sudah tujuh kali memetik kemenangan dan memperoleh nilai 15. Satu-satunya kekalahan yang dialami anak-anak Ubaya yaitu saat menghadapi ABFI Perbanas Jakarta. Juara bertahan itu dari delapan kali tampil belum sekali pun mengalami kekalahan.

Ubaya masih menyisakan satu pertandingan di seri ketika, yakni menghadapi Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, Sabtu (14/11). Apapun hasil pertandingan itu, tidak lagi memengaruhi posisi Ubaya yang sudah pasti ke Final Four.

Namun, asisten pelatih Ubaya, Sapto Wahyu mengatakan, sudah puas bisa lolos ke Final Four. ‘''Itu dulu bagi kami. Kemungkinan kami mencoba di posisi kedua atau ketiga yang berarti kami tidak bertemu posisi pertama, yaitu Perbanas,’’ ujar Sapto seusai pertandingan.

Kendati begitu, sambung Sapto, tim asuhannya akan berusaha memenangkan pertandingan melawan UPH. ''Kami ingin menang dari UPH, karena bisa tetap di peringkat kedua,’'' jelasnya.

Menghadapi Unair Surabaya, Ubaya sangat dominan. Di kuarter pertama, Yunita Sugianto dan kawan-kawan unggul 23-7. Di kuarter kedua, Ubaya menambah 11 poin untuk menjadikan skor 34. Sementara Unair hanya bisa memberikan tiga angka menjadi 10.

Di kuarter ketiga dan keempat, Ubaya bisa memberikan 42 poin sehingga poin total menjadi 76, sedangkan tim asuhan Kartika Siti Aminah hanya menghasilkan 12 poin dan menjadikan total 22 poin.

Tim putri Unair yang merupakan pendatang baru di Libamanas baru memenangkan satu pertandingan dari enam kali penampilannya dan mendapatkan tujuh poin. Satu-satunya kemenangan Unair dihasilkan dari Universitas Atmajaya Yogyakarta di seri kedua di Jakarta.

Gabriele Sophia dari Ubaya mencetak 15 poin pada pertandingan tersebut. Sementara Raisa Aribatul dari Unair menghasilkan tujuh poin bagi timnya.

Pada pertandingan lainnya, STIE Indonesia Jakarta membuka peluang untuk maju ke Final Four, setelah menang dari Universitas Indonesia Esa Unggul (UIEU) Jakarta 56-42 (24-25).

STEI Indonesia sudah memainkan tujuh pertandingan dan mengumpulkan nilai 12 dari lima kemenangan dan dua kali kalah. Dua kekalahan tim asuhan Margono itu diderita dari Perbanas dan Ubaya.

Jecklin Ibo menjadi topskor pada pertandingan tersebut dengan 25 poin. Sedangkan Yosiana Rosemary dari UIEU mendapatkan 12 poin.

Di bagian putra, Ubaya meramaikan persaingan tim yang lolos ke Final Four. Tim asuhan Wellyanto Pribadi itu, sementara mengumpulkan nilai 13 dari enam kemenangan dan satu kekalahan. Ubaya kemarin unggul atas UIEU Jakarta 73-54 (25-22).

(dari republika.co.id)