24 October 2008

Libamanas di Jogja!

A Mild Libama Nasional dimulai pada 17-22 Oktober 2008 diramalkan akan lebih seru dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut tak lepas karena kebijakan perubahan batasan usia yang awalnya 22 tahun menjadi 24 tahun. Seri pertama Libama Nasional akan digelar di GOR Padjajaran Bandung. Seri kedua akan berlangsung dari tanggal 27 Oktober sampai 1 November di STIE YKPN. Sedangkan seri ketiga akan digelar di GOR Lokasari, Jakarta dari tanggal 5-10 November.

Selain umur, aturan lainnya adalah setiap almamater memperbolehkan menurunkan pemain Kobatama atau Kobanita. Tapi dengan syarat para pemain tersebut baru bermain dua musim kompetisi di Kobatama. "Tadinya Bapomi menerapkan batasan umur hingga 27 tahun, tapi kami memutuskan untuk mengambil jalan tengah dan menetapkan batasan umur menjadi 24 tahun. Beberapa pemain Kobatama dan Kobanita juga akan turut ambil bagian di Libamanas membela kampus mereka masing-masing." kata Azwar Zulkarnaen selaku Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Perbasi.

Setiap kampus akan semakin bersemangat untuk saling mengalahkan. Libama sendiri kerap melahirkan bintang-bintang basket yang kini bermain di IBL. Sebut saja Kelly Purwanto, Wendha Wijaya dan Amin Prihantono merupakan jebolan Libama yang kini sukses bermain di IBL.

Seperti Amin, ia menempa permainan basketnya di ajang ini. Ketika itu ia memperkuat STIE Perbanas dan berhasil menjadi juara nasional di tahun 2002 yang juga dilatih oleh pelatihnya di klub saat ini, Fictor Roring. Ada juga rookie IBL musim lalu yang merebut banyak perhatian ketika ia memperkuat Indonusa Esa Unggul Jakarta, Ary Chandra. Kemampuan shootingnya yang tajam membuat klub Indonesia Muda merekrutnya. Kehadiran pemain Kobatama dan Kobanita dinilai bakal membuat persiangan semakin seru. Bila musim lalu Ubaya berhasil mengawinkan gelar juara putra-putri, siapa yang akan menjadi terbaik musim ini?

Peserta Libama Nasional

Putra :

Universitas Surabaya
ABFI (STIE Perbanas) Jakarta
UGM Yogyakarta
STIE Bhakti Pembangunan Jakarta
STIE Swadaya Jakarta
Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta
STEI Kesatuan Bogor
Universitas Pelita Harapan Tangerang
Universitas Padjajaran Bandung
Universitas Atmajaya Yogyakarta

Putri :

Universitas Surabaya
ABFI (STIE Perbanas) Jakarta
Universitas Sebelas Maret Solo
Universitas Atmajaya Yogyakarta
Universitas Parahyangan Bandung
STIE Indonesia Jakarta
Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta
Universitas Padjajaran Bandung
STIE ITMI Medan
Universitas Negeri Yogyakarta

(dari www.amild.com)