08 January 2009

Sarah Palin

Sarah "Barracuda" Palin (lahir 11 Februari 1964) adalah Gubernur Alaska, yang menjadi calon wakil presiden dari Partai Republik dalam pemilihan umum tahun 2008.

Sarah melahirkan Sarah Louise Heath di Sandpoint, Idaho, anak perempuan Sarah (atau dikenal dengan Sheeran sewaktu masih muda) bekerja sebagai sekretaris di suatu sekolah, dan Charles R. Heath adalah pengajar sains dan pelatih atletik. Keluarganya pindah ke Alaska ketika dia masih bayi. Keluarga Heath sangat gemar melakukan olahraga; Sarah dan ayahnya sering bangun jam 3 pagi untuk berburu rusa sebelum berangkat ke sekolah, dan mereka secara rutin melakukan lari sejauh 5 km atau 10 km.

Di sekolah tinggi Wasilla, Alaska, Palin adalah ketua Persahabatan Atlit Kristen. Dia juga berperan sebagai kapten tim basket dan bermain sebagai point guard. Dia pernah berjasa membantu Wasilla Warriors memenangkan kejuaraan Alaska Class 4A Girls Championship di tahun 1982, mengalahkan sekolah tinggi Anchorge's Service, 58 - 53. Sarah Heath berhasil memasukkan free-throw di saat kritis pada detik-detik terakhir, meskipun pada saat itu dia sedang mengalami cedera ankle. Dia mendapatkan julukan "Barracuda" karena permainannya yang bersemangat, dan menjadi pemimpin doa untuk timnya sebelum pertandingan.

Bola basket secara tak terduga berperan penting dalam hidupnya. Kesuksesan timnya memberikan pelajaran hidup yang sangat penting bagi hidupnya. Dia berkata pada koran Anchorage beberapa tahun kemudian, "Bola basket merupakan pengalaman yang mengubah hidup bagi saya. Ini semua adalah tentang menentukan tujuan, tentang kedisiplinan, teamwork dan kemudian kesuksesan".

Bola basket juga mengubah sisi lain hidupnya. Para pemain muda baik pria atau wanita sering bepergian bersama dan seringkali merupakan perjalanan yang sangat jauh. Dalam salah satu perjalanannya itu dia berkenalan dengan Todd Palin, yang kemudian menjadi pasanganya di acara prom date, dan pada akhirnya menjadi suaminya.

Menurut laporan New York Times, mereka mempunyai gaya bermain yang sama, agresif dan tak kenal lelah. Sarah tidak banyak mencetak poin, tetapi lebih sebagai pemain defensive yang tangguh. Beberapa laporan mengabarkan bahwa Sarah Palin melanjutkan keterlibatannya dalam bola basket sebagai pelatih sukarela, diperkirakan untuk tim anaknya, tetapi informasi ini belum dikonfirmasi.