16 January 2009

Kejurnas Basket U-16 di Semarang

Kota Semarang, Jawa Tengah, akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Bola Basket Usia 16 tahun. Kejurnas yang akan berlangsung di GOR Sahabat pada 15-22 Januari ini bertujuan mempersiapkan tim untuk memperkuat kejuaraan FIBA Asia dan akan diikuti 10 tim putra dan delapan putri.

''Kami memilih Semarang sebagai tempat penyelenggara untuk menggairahkan perbasketan di sana yang saat ini belum mempunyai klub Kobatama dan profesional,'' ujar Kabid Bimpres, Azwar Zulkarnaen, Selasa (6/1).

Menurut Azwar, kesepuluh tim putra yang akan mengikuti kejuaraan tersebut berasal dari Sumatra Utara, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur. Sementara tim putrinya, kecuali Lampung dan Nusa Tenggara Timur.

Di kejurnas ini tim kuat Papua dipastikan tidak ikut serta. ''Kita menunggu laporannya, namun hingga saat ini belum ada jawaban. Namun, ini tidak mengurangi bobot karena juara bertahan tahun lalu, yakni Jabar, menjadi tim yang diperhitungkan,'' paparnya.

Diharapkan dalam kejuaraan ini para peserta benar-benar serius untuk mempersiapkan diri. Pemenang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan basket Asia U-16 yang menurut rencana Indonesia sebagai tuan rumah. Selain itu, juga sebagai persiapan menghadapi Kejurnas U-18.

Mantan pelatih Papua, Margono, mengungkapkan bahwa ketidakhadiran Papua di kejuaraan ini dikarenakan akan mempersiapkan sebuah tim untuk menghadapi kejuaraan basket divisi satu putra, yang nantinya bisa masuk ke Kobatama. ''Sebenarnya, pemain-pemain Papua sangat banyak, tapi sekarang tersebar di berbagai klub,'' ujar Margono.

(dari republika.co.id)